Kelas BPJS kesehatan akan di hapus bulan depan !

Pemerintah memiliki program jaminan sosial melalui BPJS Kesehatan. Dengan adanya kelas BPJS Kesehatan memungkinkan masyarakat mendapatkan fasilitas dari pemerintah.

Peserta juga harus membayar biaya BPJS Kesehatan untuk dapat terus menggunakan layanan ini. Pada Juli, pemerintah akan menghapus secara bertahap beberapa kelas di BPJS Kesehatan menjadi kelas standar bangsal (KRIS).

Untuk pegawai, iuran BPJS kesehatan ini disesuaikan dengan gaji. Peserta berpenghasilan tinggi membayar iuran lebih tinggi menurut prinsip Gotong-Royong.

Daftar iuran BPJS Kesehatan:

Karena kelas BPJS kesehatan belum dihapuskan, kelas 1, 2 dan 3 saat ini masih berlaku. Iuran BPJS kesehatan tetap mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Jaminan Kesehatan.

Tarif Iuran BPJS Kesehatan KelasĀ  :
1 Rp150.000 per bulan

2 Rp100.000 per bulan

3 Rp 35 per bulan

Saat ini, pemerintah masih melakukan simulasi dengan mempertimbangkan banyak faktor, seperti: B. Opsi pendanaan lain untuk subsidi pemerintah. Jadi iuran BPJS kesehatan terbaru belum teridentifikasi secara detail.

Perhitungan iuran BPJS Kesehatan juga didasarkan pada tarif yang harus dibayarkan oleh BPJS Kesehatan kepada penyelenggara fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas. Perubahan kelas mengakibatkan biaya BPJS kesehatan yang lebih tinggi.

Proses penetapan tarif iuran BPJS Kesehatan masih dalam kajian dan pembahasan oleh Departemen Kesehatan, Perbendaharaan, DJSN dan BPJS Kesehatan.

Demikian informasi mengenai tarif iuran BPJS Kesehatan saat ini

Semoga bermanfaat artikel berikut ini ! Baca juga artikel lainnya mengenai : MS Glow Kids

Leave a Comment