Cara Menghitung Kebutuhan Cor Beton Per M3

Cara Menghitung Cor Kebutuhan Beton Per M3

Cara Menghitung Kebutuhan Cor Beton Per M3 -  Bingung  Tentang Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cor Beton Per M3 (meter kubik) kali ini saya share cara mudah Menghitung Kebutuhan Cor Beton Per M3 jika anda ingin mengecor rumah anda. rumus untuk menghitung kebutuhan cor beton per meter kubik (m3) menurut saya sulit sulit gampang. 
Cara Menghitung Kebutuhan Cor Beton Per M3

Contoh : Kita akan mengecor plat lantai dak beton atap rumah berbentuk persegi panjang ukuran 10 m x 16 m, tebal plat dibuat 12 cm, anggap saja bagian baloknya sudah dihitung atau bahkan sudah di cor jadi kita hanya perlu menghitung kebutuhan beton untuk plat lantai atap saja. rencananya kita akan membeli beton jadi dalam bentuk ready mix, jika satu truck mixer mampu mengangkut 5 m3 beton. pertanyaanya adalah berapa truck beton yang perlu dipesan?

Volume plat lantai = 10 m x 16 m x 0,12 m = 19,2 m3.Angka keamanan/ safety factor / wise kita buat 2,5 % x 19,2 m3 = 0,48 m3 ( ini dimaksudkan sebagai cadangan ketika terjadi kekurangan akibat kejadian tidak terduga seperti tumpah, kebocoran bekisting, salah hitung dllJadi total volume beton yang dibutuhkan adalah 19,68 m3 kita bulatkan menjadi 20 m3Jika 1 truck mixer mampu mengangkut 5 m3 maka total yang harus dipesan adalah 20 m3 : 5 m3 = 4 truck.Jadi yang kita butuhkan adalah 4 truck mixer kapasitas 5 m3. 

NB: jangan heran kalau hasil akhirnya bulat karena memang sudah direncanakan demikian

Menentukan berapa material adukan beton yang dibutuhkan
Jika kita membuat adukan beton sendiri maka diperlukan data berapa rincian bahan bangunan yang dibutuhkandari data tersebut maka kita dapat menghitung kebutuhan materialnya

Demikian Artikel simple ini saya tulis untuk membantu para arsitek memperhitungkan bahan cor beton untuk mengecor.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Kebutuhan Cor Beton Per M3"

Post a Comment