Perhitungan Biaya Untuk Satu Amplop Lamaran Kerja

Melamar kerja di sebuah perusahaan melalui pos masih menjadi cara yang paling efektif untuk cepat mendapatkan pekerjaan,namun dalam hal ini tidak sedikit uang yang harus kita keluarkan untuk biaya foto copy maupun uang untuk biaya kirim dokumen via pos terlebih tidak cukup hanya satu dua lamaran kerja yang dibutuhkan melainkan puluhan lamaran kerja supaya peluang untuk mendaptkan panggilan tes dan interview kerja lebih besar,dalam hal ini tentunya cukup membebani para pencari kerja yang notabennya seorang pengangguran.

Berdasarkan pengalaman pribadi selama mencari kerja dengan cara melamar via pos,setidaknya butuh uang ratusan ribu untuk persyaratan kelengkapan dokumen lamaran kerja,mulai dari SKCK,surat dokter,kartu pencari kerja,termasuk biaya foto copy dan cetak foto.

Bagaimana dengan teman-teman,sudah berapa banyak uang yang dikelurkan untuk ngeposin ke perusahaan-perusahaan namun tak juga mendapat panggilan kerja,sabar ya teman-teman hidup itu perlu perjuangan dan tidak cukup berdiam diri berpangku tangan.
kerjapt.com

Seminggu yang lalu saya datang ke tempat foto copy untuk memperbanyak dokumen persyaratan lamaran kerja dikarenakan semuanya sudah habis disebarkan ke banyak perusahaan,namun dalam hal ini tidak juga dapat panggilan terpaksa saya membuat lagi surat lamaran kerja,saya pukul rata semuanya 5, mulai dari amplop,kertas folio,daftar riwayat hidup,foto copy ktp,npwp,surat dokter,ijazah dan skhu semuangya saya siapkan 5 lembar saja.

Semua berkas tersebut seharga Rp.25.000,- untuk 5 amplom lamaran kerja,ini belum termasuk biaya kirim pos ya kawan,
Jika kita ringkas lagi maka harga satu amplom lamaran kerja kuran lebih sebesar Rp.5.000,- untuk satu amplompnya,bisa dikalikan jika teman-teman ingin melamar kerja ke sepuluh perusahaan atau lebih maka jumlahnya tentu semakin besar.

Biaya satu amplop lamaran kerja+Biaya pos

Jika uraian di atas kita sudah memperkirakan harga satu amplop lamaran kerja belum biaya kirim pos,dikarenakan di setiap pos berbeda-beda biayanya,saya sendiri masih belum mengerti apa yang menyebabkan hal ini terjadi,padahal semuanya itu paket reguler,bukan kilat.
Harga untuk satu amplom lamaran kerja kisaraanya yaitu Rp.5000,- ditambah dengan biaya ongkos kirim via pos berdasarkan pengalaman saya untuk biaya paket reguler itu kisaran Rp.9.000,- jadi bisa kita lihat berapa harga amplop lamaran kerja untuk bisa sampai ke perusahaan.
Satu lagi teman,hampir di setiap kantor pos saat ini ditongkrongin tukang parkir,ini artinya jika teman-teman datang ke kantor pos membawa sepeda motor maka harus menyiapkan uang receh sebesar Rp.1000,- jadi sekarang teman-teman sudah tau kan berapa harga atau hasil akhir untuk satu amplop lamaran kerja,yups kurang lebih sekitar Rp.15.0000,- harga yang cukup mahal bukan untuk seorang pengangguran,hheu,.

Seperti yang saya katakan di awal tadi bahwa satu lamaran kerja saja belum cukup untuk cepat diterima kerja di perusahaan,kecuali jika teman-teman sedang bernasib baik (lagi hoki).
Sudah menjadi pemandangan biasa dalam melamar kerja yaitu dengan cara nyebar lamaran,yaitu mengirim lamaran ke banyak perusahaan sekaligus/random pos dengan harapan ada perusahaan yang melirik lamaran kerja kita sehingga peluang untuk cepat mendaptakan pekerjaan lebih besar.

Sebenarnya ada alternatif lain selain melamar kerja via pos yaitu melamar kerja via email/random email dengan catatan perusahaan tersebut mengaruskan melamar kerjanya melalui email,hal ini tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena melamar kerja via email itu lebih praktis dan pastinya sangat terjangkau di kantong para pengangguran.
Jika teman-teman masih belum tau cara melamar kerja via email,bisa buka di artikel saya sebelumnya yaitu.
Panduan melamar kerja via email

Untuk lebih jelasnya mengenai perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk melamar kerja via pos teman-teman bisa lihat tabel dibawah ini untuk acuan berapa uang yang harus disiapkan untuk melamar kerja.


Perkiraan biaya untuk mengirim lamaran kerja via Pos
Foto copy
Ijazah
Perkiraan biaya @5 pcs
Rp.25.000,-
Rata-rata untuk satu amplop lamaran kerja Rp.5000,-
SKHU
SKCK
KTP
NPWP
Surat Dokter
Cetak foto
Ukuran 4x6
Dokumen Pendukung
Amplop coklat
Daftar riwayat hidup
Kertas folio
Klip
Ongkos kirim pos

Paket regular (1pcs amplop)
Rp.9.000,-

Uang parkir


Rp.1.000,-





Total untuk satu amplop=Rp15.000,-

Sekian informasi kali ini mengenai perkiraan biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang pencari kerja yang akan malamar kerja via pos.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman,terima kasih atas kunjungannya sampai jumpa di kesempatan lain dan salam sukses untuk kita semua.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhitungan Biaya Untuk Satu Amplop Lamaran Kerja"

Post a Comment