Melamar Kerja Melalui Calo Apabila...

Haruskah melamar kerja melalui calo?-Mendengar isitlah calo sepertinya sudah tidak asing bagi para pencari kerja.Salah satu penyebab sulitnya mendapatkan pekerjaan dikarenakan banyaknya praktek percaloan di lingkungan industri.

Kawasan Industri di daerah cikarang,karawang misalnya,sudah menjadi rahasia umum adanya praktek percaloan,lalu bagaimana para pencari kerja menyikapi hal ini?


Tidak perlu khawatir dengan adanya calo-calo yang berkeliaran mencari korban para pencari kerja jika teman-teman memang mempunyai skill dalam bidang pekerjaan tertentu serta pendidikan yang menunjang untuk bekerja di perusahaan.
kerjapt.com

Lalu bagaimana dengan pencari kerja yang mempunyai banyak keterbatasan,apakah mungkin dia bersaing dengan mereka yang sudah berpengalaman dan pendidikan yang lebih berpeluang diterimak kerja di pabrik/perusahaan.

Postingan ini mungkin sedikit pro kontra karena setiap para pencari kerja pastinya membeci adanya calo.Lalu apa yang membuat pencari kerja merasa dirugikan dengan adanya praktek percaloan ini?
Ada 3 poin besar yang menjadikan pencari kerja membenci calo.
  • Masuk kerja harus bayar
Bagaiman mungkin kita bekerja tapi harus bayar,bukanya kita bekerja untuk dibayar?Prinsip ini yang harus dipegang teguh oleh pencari kerja untuk menghindari calo tenaga kerja.
  • Persaingan jadi tidak sehat
Ini jelas,persaingan akan tidak sehat ketika kita mati-matian mencari kerja menguras otak dan tenaga dalam tahap tes dan interview namun disamping itu mereka yang masuk kerja tidak memikirkan proses masuk kerja karena sudah bayar.
  • Berpotensi ditipu
Banyaknya cerita dari teman atau media sosial yang mengeluhkan mereka telah ditipu calo dengan kerugian cukup besar seperti calo kerja Cikarang,Bekasi yang mematok harga cukup besar untuk bisa masuk kerja,apalagi calo keja Karawang yang notabennya UMR paling tinggi seindonesia.Oleh karana itu ketahuilah lowongan kerja yang berpotensi modus penipuan lowongna keja.

Mengapa masih banyak pencari kerja yang melalui calo tenaga kerja?
Untuk beberapa alasan dan faktor,masih banyak ditemukan pencari kerja yang terpaksa melamar kerja melalui calo tenaga kerja dengan membayar sejumlah uang untuk bisa kerja di pabrik.
Beberapa faktor tersebut diantaranya:

1.Faktor umur
Batasan umur untuk bisa masuk ke perusahaan tertentu menjadi penghalang besar terutama bagi mereka yang dudah berumur 25 tahun lebih.
Seperti yang kita ketahui bersama batasan umur rata-rata perusahaan terutama perusahaan bersar hanya dibatasi sampai dengan umur kurang dari 23 tahun saja.Inilah yang menjadi jalan terakhir pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.

2.Faktor Fisik
Umur masih muda dan masih memungkinkan melamar ke pabrik manapun,namun biasanya perusahaan tidak berpatokan pada umur saja melainkan kondisi fisik.
Dalam hal ini yang paling sering menjadi faktor sulitnya mendapatkan pekerjaan yaitu tinggi badan,terutama untuk pencari kerja wanita.
Tinggi badan sebagai syarat masuk kerja biasanya laki-laki minimal 165cm dan wanita minimal 155cm.Jika tinggi badan kurang dari itu pilihan untuk melamar kerja lewat calo menjadi pilihan terakhir.

3.Faktor pendidikan
Pendidikan menjadi sangat krusial ketka pencari kerja tak kunjung mendapatkan pekerjaan,sebagai gambaran saat ini rata-rata perusahaan terutama yang bergerak di industri otomotif mengharuskan calon karyawannya berpendidikan minimal SMK/STM,lalu bagaimana dengan pencari kerja lulusan SMA?Tenang,lulusan SMA masih bisa kok diterima kerja di pabrik,perusahaan elektronik dan makanan masih banyak yang menerima karyawan lulusan SMA.

Itulah beberapa poin yang menjadi faktor pencari kerja harus melamar kerja lewat calo.
Jika memang pilihan melamar kerja melalui calo ini adalah solusi terbaik,saya kira wajar saja jika harus pakai calo,karena kenyataanya cari kerja sekarang ini susahnya minta ampun.
Demikian pembahasan kita kali ini semoga bisa memberikan motivasi kepada teman-teman pencari kerja untuk tidak patah semangat untuk berjuang mendapatkan pekerjaan meskipun harus melalui calo,namun sebaiknya carilah calo yang benar-benar bisa dipercaya supaya tidak tertipu.
Salam sukses untuk kita semua,salam para pencari kerja.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Melamar Kerja Melalui Calo Apabila..."

Post a Comment