Panduan mengirim Lamaran kerja via email (Operator produksi)


Di jaman modern seperti sekarang ini internet sudah mejadi hal yang sangat penting bagi semua orang untuk mendapatkan informasi dengan cepat, ntuk menapatkan informasi lowongan pekerjaan misalya.
Baru-baru ini banyak bertebaran di media sosial maupun situs-situs lowongan kerja yang membagikan info lowongan kerja dan ada diantaranya yang mengharuskan pelamar mengirimkan lamaran kerja nya via email.
Sebagai contoh PT. KATOLEC INDONESIA  perusahaan yang merekrut karyawan via email,dan masih banyak lagi namun tidak bisa saya sebutkan satu-persatu di pembahasan kita kali ini,untuk informasi lebih lengkap mengenai alamat email pt bisa dilihat disini.

Baiklah kita mulai saja caranya,

Sebelum kita mengirimkan surat lamaran kerja via email tentunya kita harus punya alamat email dulu,jika belum punya teman-teman bisa mendaftar membuat akun email di di google (gmail),tapi saya yakin teman-teman semua sudah punya email,hheu.

Langkah berikutnya adalah scan berkas yang akan dilampirkan di surat lamaran teman-teman seperti foto,ktp,npwp,ijazah,transkrip nilai,skck,surat keterangan sehat,dan paklaring bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja.
Untuk scan berkas teman-teman bisa ke warnet,tempat foto copy atau bisa juga di hp android,

Aplikasi untuk scan berkas di smarthpone android,cara praktis untuk melakukan  scaner bisa didownload gratis di playstore.

Berkas sudah di scan semuanya langkah selanjutnya adalah kompres berkas yang sudah di scan dan ganti format file nya dengan format pdf,untuk ukuran file diusahakan tidak lebih dari 300kb,

Gabungkan semua berkas lampiran dalam 1 file,tujuanya adalah agar mudah di scrol sehingga hrd bisa mengetahui dengan lengkap profil dan kelengkapan persyaratan lamaran kerja kita.
Untuk melakukan kompres,merubah format,dan menggabungkan berkas bisa di lakukan sendiri di PC dengan membuka situs smallpdf.com,comprejpeg.com,dll.

Setelah semuanya siap mari kita mulai kirim lamaran kita.

1.Masuk ke google/gmail dan log in dengan email teman-teman.
Lamaran kerja via email







2. tampilan gmail terbuka kemudian klik "Tulis"
Lamaran kerja via email












Tulis/ketik surat permohonan kerja teman-teman,tulis surat lamaran seperti surat lamaran kerja pada umumnya,apabila masih bingung bagaimana isi dari surat lamarannya,silahkan lihat "contoh surat lamaran kerja via email"

3.Kemudian masukan alamat email tujuan,bisa di kirim satu-persatu atau ke banyak alamat email sekaligus (random email),saran saya kirim saja ke banyak alamat email sekaligus dengan memilih tanda "Bcc"seperti pada contoh.
kemudian masukan subjek dengan mengisi "Lamaran kerja-Operator produksi" atau sesuai posisi yang di inginkan.
Lamaran kerja via email












Untuk mencari daftar alamat email perusahaan lengkap silahkan buka di "Daftar alamat email PT"

4.Masukan berkas lampiran yang sudah di scan dengan klik tanda seperti pada gambar.

Lamaran kerja via email












Siapkan berkas lampiran dalam format pdf dengan ukuran maksimal 300kb,

4.Setelah semuanya selesai baru kita kirim email kita dengan klik "Kirim"

Lamaran kerja via email













Surat lamaran sudah sukses terkirim tinggal menunggu panggilan psikotes dan interview dari perusahaan,
Waspadalah dengan modus penipuan berupa panggilan tes via email,akhir-akhir ini banyak oknum yang mengatasnamakan perusahaan terentu,baisanya mereka mencantumkan alamat tempat terterntu(ruko) sedangkan perusahaan biasanya melakukan tes di perusahaan langsung.

Gimana panduanya cukup jelas atau masih bingung,jika masih bingung silahkan tanyakan di kolom komentar.


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Panduan mengirim Lamaran kerja via email (Operator produksi)"

  1. Min mau nanya nih kalau misal sata kita melebihi 300kb gimana solusinya min ...terimakasih ��

    ReplyDelete