Beberapa Cara Perusahaan Dalam Menerima Karyawan


 menerima karyawan

Pembahasan kita kali ini mengenai bagaimana cara atau kebijakan sebuah perusahaan dalam merekrut/menerima karyawan.
Kalau di postingan sebelumya kita sudah belajar cara melamar pekerjaan di sebuah perusahaan,



Setiap perusahaan tentunya punya cara tersendiri dalam menerima karyawan,berikut adalah sedikit uraian bagaimana perusahaan menerima karyawan.


  1. Melaui POS
Banyak perusahaan yang memakai cara ini dalam menerima karyawan,perlu dipertimbangkan sebelum teman-teman akan melamar melalui cara ini,misalnya dengan mencari informasi apakah benar sistem penerimaan nya melalui pos.karena mengirim surat via pos tidaklah gratis antara Rp.7500,-s/d Rp.17.000,harga yabg lumayan mahal bukan untuk seorang pengangguran,hheu.
Pengalaman saya ketika melamar kerja via pos adalah 0%,ini artinya tidak satupun perusahaan yang bersedia memanggil saya untuk mengundang tes di perusahan,tapi banyak juga yang berhasil.itu tergantung pada kualifikasi dan kemampuan teman-teman tentunya.

    2.Melalui Email

Cara yang kedua ini bisa dibilang cukup praktis karena kita tidak perlu repot-repot dalam menyiapkan berkas lamaran.
Yang kita butuhkan adalah Scan berkas lamaran seperti KTP,IJAZAH,SKHUN,SKCK,dll tergantung pada persyaratan yang di minta oleh perusahaan.
Perlu diperhatikan dalam cara seperi ini adalah pastikan dulu bahwa perusahaan tersebut benar-bernar menrerima karyawan hanya via email,jika sudah jelas maka mulailah mengirim email.
Ada lagi yang kita perlu perhatikan dalam mengirim email,ukuran file dibuat sekecil mungkin tanpa harus mengurangi kualitas file itu sediri,biasanya perusahaan menganjurkan file dalam format pdf dengan ukuran tidak lebih dari 500kb.

    3.Melaui Yayasan

Selanjutnya dengan cara merekrut melalui jasa penyalur tenaga kerja/yayasan,cara ini sangat populer saat ini karena selain pihak perusahaan tidak ribet dalam menerima karyawan,para pelamarpun dapat menemukan info loker sesuai dengan kualifikasinya.
Keberulan saya sekarang berdomisili di daerah Cikarang,jawa barat.disini banyak yayasan yang menyalurkan tenaga kerja ke perusahaan.
Biasanya pihak yayasan mematok harga tertentu antara Rp.50.000 s/d Rp.110.000 untuk menjadi member.

   4.Datang langsung ke perusahaan

Selain cara yang sudah disebutkan dia atas,ada juga perusahaan yang menerima karyawanya dengan cara datang dan tes langsung ke perusahaan,jadi kita tidak perlu mengirim via pos,email ataupun menjadi member di yayasan,hanya perlu menyiapkan surat lamaran.
Di cara yang ke empat ini kita butuh informasi yang akurat,tak jarang ada teman-teman yang hanya mendengar dari mulut ke mulut setelah didatangi ke perusahaan ternyata tidak ada tes.

   5.Refrensi/Orang dalam

Perusahaan yang hanya menerima karyawan nya melalui refrensi seperti ini cukup menyulitkan calon pekerja,karena kita harus punya orang dalam dulu baru bisa melamar ke perusahaan tersebut.Maka secara otomatis cara 1-4 percuma dilakukan karena perusahaan tidak akan mengundang kita untuk melakukan tes atau interview.

Baiklah itu tadi beberapa cara perusahaan dalam menerima karyawan,masih ada lagi beberapa diantaranya melalui BKK,LPK,dll.
Note:jangan menggunakan jasa calo

Semoga postingan ini bermanfaat untuk para pencari kerja khususnya,tetap semangat salam sukses untuk kita semua.



Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Cara Perusahaan Dalam Menerima Karyawan"

Post a Comment